Follow Us:

MANAJEMEN PERKANTORAN

Profil manajemen perkantoran adalah bidang keahlian yang mempelajari pengelolaan dokumen, arsip, dan informasi penting dalam sebuah perusahaan. Manajemen perkantoran juga mencakup pengelolaan waktu dan sumber daya untuk memastikan operasional kantor berjalan efisien dan produktif.
Mata pelajaran pada konsentrasi Manajemen Perkantoran diberikan kepada peserta didik di kelas XI dan XII (fase F) yang berfungsi untuk lebih memperkuat dan  menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap keahlian (keprofesian) manajemen perkantoran, melalui pemahaman dan penerapan tentang ekonomi dan bisnis, pengelolaan administrasi umum, komunikasi di tempat kerja, pengelolaan kearsipan, teknologi perkantoran, pengelolaan rapat/pertemuan, pengelolaan keuangan sederhana, serta penatalaksanaan administrasi pada bidang spesifik (sumber daya manusia/kepegawaian, sarana prasarana, humas dan keprotokolan, dan lainnya) sesuai tuntutan dan kebutuhan bidang manajemen perkantoran di dunia kerja. Berbekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap di bidang manajemen perkantoran peserta didik akan mampu berwirausaha secara mandiri dan/atau melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.
Lulusan manajemen perkantoran dapat bekerja di berbagai bidang, seperti:
Sekretaris
Asisten manajer
Pengelola perkantoran
Staf administrasi
Resepsionis
Personalia
Asisten sekretaris